Kamis, 19 Juni 2014

INDONESIA IS NUMBER 1

Banyak banget yang bilang ‘Gak enak tinggal di Indonesia’ , dan gue sempet juga berfikiran kayak gitu . Tetapi pemikiran yang seperti itu mungkin akan berubah ketika kita menginjakan kaki ke Negara tetangga (bukan selimut tetangga , itu lagu). Hal itu terbukti saat gue pergi liburan ke Singapore untuk pertama kalinya bareng seluruh keluarga gue . Awal gue kesana ya seperti orang  pada umumnya , melihat Kota Singapore yang adem , sejuk , dan gokil abis ini pasti girang banget . Sambil ngobrol sama supirnya yang ternyata berdarah merah ini (yaiyalah merah!) , maksudnya berdarah jawa ini , sang supir menceritakan gimana cara hidup orang Singapore di sini . Katanya , orang Singapore itu boleh menikah kalau
 pendapatan suaminya perbulannya  itu minimal 10.000 Dollar men ,  atau sekitar 7-10 juta rupiah. Ya karena itu lah kenapa orang sini keluarganya harmonis dan makmur , karena pendapatan kehidupannya cukup . Kebayang kalo Indonesia pakai sistim kayak gitu , ‘boleh nikah kalau pendapatan di atas 7-10 juta rupiah’ , ya pada demo pasti , karena pendapatannya belum cukup dan….. ceweknya banyak yang hamil duluan , sudah 3 bulan , gara-gara di kamar tidurnya berdua’an (kok jadi lagu). Makanya kalo mau keluarganya lebih harmonis dan kaya lagi, buat yang laki-laki jangan mau nikah sama cewek , kenapa ? karena kalo nikah sama cewek kan yang kerja satu doang , cewek Cuma jadi ibu rumah tangga , tapi kalau nikah sama cowok kan otomatis yang cari nafkah ada dua , jadi lebih makmur lah (SESAT). Di sini juga ada peraturan aneh  menurut gue , katanya ‘di Singapore , kalau buang ludah semberangan , bisa denda ‘ . Gila ! peraturannya greget men , buang ludah aja denda ? untung pas di jalan ke Singapore gue gak sakit , kebayang kalo gue sakit muntah-muntah terus gak tahan mau buang , tapi takut denda ? mungkin jalan terbaiknya adalah…..di telan kembali (kalo aja bisa jadi sumber Protein). Semakin ke pusat kota semakin kagum gue sama kota Singapore ini , tata kotanya teratur , bersih banget gak ada sampah , dan gak ada pengemis . Nah ngomong-ngomong soal pengemis , pengemis di Indonesia itu seperti yang kalian tau banyak banget . Udah ada di undang-undang kita larangan untuk memberi uang ke pengemis , karena apa ? itu bakal nambah angka kemiskinan Negara kita . Tapi ya namanya hati nurani manusia pasti gak tega liat pengemis gendong anaknya (kalau gendong burung hantu itu limbad ! jangan di kasih duit ! bahaya ! duitnya bakal penyok digigitin men) , pasti kita kasih ke dia lah . Tapi lagi , sekarang udah banyaakkkk banget pengemis yang SUKSES ! iya , SUKSES ! , tanpa kita sadari pendapatan pengemis itu perhari sekarang udah ada yang JUTAA’AN !  Penonton Alay Dahsyat aja kalah men gajinya , padahal susah jadi penonton Alay dahsyat , capek ‘li..li..li..la..la..la..la’ pegel keles. Pengemis sekarang gue liat di Internet , udah ada yang make Iphone !! gila gak tuh , gue aja minta beliin Iphone perlu nangis 2 kali lebaran baru di kasih , pengemis tinggal menjulur kan tangan ? gokil , mungkin kalau ini tetap bertahan di tahun-tahun berikutnya , gue jamin di Koran banyak lamaran kerja …. Buat jadi pengemis .
Dan di Singapore ini adalah Negara yang bikin gue takut naik mobil . Malem-malem gue dan seluruh keluarga gue mau beli jajanan yang tempatnya gue lupa namanya pokoknya disana didominasi orang India.Gue pergi naik taxi , gue duduk tenang di kursi taxi sambil senderan “Ahhhhhhh” dan beberapa detik kemudian taxi langsung  ngebut “BRUMMMMM!!!!” , dalem hati gue ‘Anjing ! , ni supir PMS atau apa’an’ . Dia mengendarai mobil seakan jadi Dominic toretto di Fast furious tapi sayangnya dia gak botak . Bokap gue ampe negur dengan lembut “Sorry .. eee..Slowly sir”  . Tapi percuma ,sang supir tetep ngebut , gue Cuma bisa bengong melongo , sambil mikir bahasa inggrisnya “KIRI BANG !! KIRI BANG!!” apaan ? biasanya kan gue kalo mau turun angkot nyahutnya “KIRI BANG!” . Gue turun taxi dengan keadaan trauma berat , seakan perlu rehabilitasi. Pulang dari beli jajanan gue lanjut mau makan di Mcdonald , sampai di Mcdonald ada pemandangan yang janggal saat memilih menu , ternyata di menu gak ada yang pake NASI !!! . Semuanya di gado men , paling-paling pake kentang doang . Gue kembali berfikir , kalo disini orang-orangnya gak makan nasi ? gimana mereka pas lebaran ? dia bikin ketupat pake apa ???. Sambil nunggu pesanan gue meninggalkan antrian yang di tunggu bokap gue dan menuju ke Toilet untuk bikin KTP (ya ,mau pup lah hehe). Gue pup dengan biasanya menikmati pup yang berjatuhan indah, dan lagi-lagi ada kejanggalan , gak ada air buat bilas nya !!  Cuma ada tissue ? di atas wc nya . Kepala  gue mulai puyeng , ini gimana gue bilasnya pake tissue ? mungkin orang sini terbiasa , TAPI GUE ENGGAK . Kalo tai itu rasanya enak mending gue jilatin dari pada pake tissue gini , YA ALLAH !. Gue keluar toilet dengan muka frustai abis bilas Cuma pake tissue .
Ya beginilah jadinya , emang sih di Singapore itu lebih enak dari Indonesia karena berbagai macam wisatanya dan keindahan kotanya . Gue yang dulu berfikir enakan tinggal di Singapore dari pada di Indonesia mulai berubah fikiran . Ternyata menaiki sebuah angkot di Banjarmasin , dibandingkan menaiki Taxi ‘Fast Forious’ di Singapore , lebih enak naik angkot. Mungkin lebih enakan tinggal di Singapore , tapi tinggal untuk berwisata . Dan Indonesia ternyata lebih baik dalam segala hal , dalam hal tegur sapa aja yang simple . Di Indonesia kan petugas pom bensinnya pakai cara 3S (Senyum , sapa ,santet) . Di Singapore pelayanannya gak begitu ramah , kayak di Negara kita. Jadi , ubahlah Mainsett kalian yang mengatakan tinggal di Indonesia gak asik , gue lebih baik tinggal di Negara Indah kayak Indonesia , dari pada gue tinggal Negara maju kayak Singapore .
Karena mau nikah aja susah , terus harus seumur hidup bersihin pantat pake tissue 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar